Selasa, 26 Juni 2012

Desain Kamar Mandi Minimalis Sehat

Kamar mandi memang tidak pernah digunakan lebih dari satu jam, tapi bukan berarti ruangan 1,5m x 1,5m, dengan bak mandi atau shower dan kloset sudah cukup. Seperti halnya ruangan lain di dalam rumah, kamar mandi pun perlu diperhatikan kesehatannya. Jadi tidak hanya fungsional, tapi juga nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Lembap adalah masalah yang paling menjadi ancaman di kamar mandi. Udara lembap berpotensi menimbulkan lumut dan jamur, yang akhirnya berpotensi pula menimbulkan kuman penyakit. Walaupun membasuh badan mungkin hanya butuh waktu 15-30 menit, siapa yang mau melakukannya di kamar mandi yang kotor karena lumut dan jamur, berbau tak sedap pula?


Nah, kamar mandi minimalis yang Anda lihat di foto ini boleh dikatakan sebagai salah satu contoh kamar mandi minimalis sehat. Kita bahas satu per satu, ya . Pertama, kamar mandi ini didesain untuk bisa memasukkan banyak sinar matahari, yaitu lewat skylight. Cukup sinar matahari membuat kamar mandi lebih cepat kering, sehingga jamur, lumut, dan bakteri tidak berkembang biak. Selain itu, hemat listrik pula, karena selama matahari bersinar, kamar mandi ini tidak perlu penerangan dari lampu.

Kedua adalah lubang angin. Di salah satu bidang dinding kamar mandi ini terdapat lubang-lubang kecil, sebagai jalur pertukaran udara. Banyak orang ragu membuat lubang angin di dinding, seperti ini. Alasannya karena takut privasi saat mandi terganggu. Padahal bisa diakali, kok . Misalnya, Anda bisa menempatkan tanaman di depan dinding yang berlubang, supaya orang yang lewat tidak bisa mengintip. Jika lubang angin dibuat dari susunan bata, batako, dsb, seperti di foto ini, susun miring, sehingga orang tidak bisa memandang langsung ke area mandi.

Hal berikutnya yang membuat kamar mandi minimalis ini tergolong sehat adalah tanaman. Terdengarnya sederhana, tapi tanaman punya peranan yang cukup baik untuk membantu menyegarkan udara di kamar mandi. Si pemilik kamar mandi di foto ini memilih sirih, tanaman yang selain mempercantik tampilan kamar mandi, juga dikenal bisa menyerap polutan.