Sabtu, 30 Juni 2012

Tips Merawat Keindahan Batu Alam

Bila rumah Anda banyak menggunakan batu alam sebagai salah satu komponen arsitektur maka Anda memerlukan perawatan khusus agar bahan alami tersebut tetap tampil utuh dan menawan. Tips di bawah ini dapat membantu Anda memelihara bahan batu alam.


    Karena batu itu berpori-pori, maka daya serap airnya juga tinggi sehingga harus dilindungi karena air yang berisi partikel atau butiran karat yang kecil sekalipun dapat terserap dan bertahan lama di dalam pori-pori batu tersebut.
    Gunakanlah larutan pembersih atau deterjen berwarna netral. Produk pembersih yang bersifat asam dengan alat penggosok kasar mampu menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan batu.
    Gunakan lap atau kain pel khusus untuk membersihkan batu. Lap khusus tersebut  jangan sekaligus digunakan untuk membersihkan kotoran dapur karena bekas minyak / lemak yang menempel akan menodai batu.
    Area tempat batu alam berada harus memiliki ventilasi yang baik yaitu banyak mendapat cahaya matahari dan angin agar sehabis dibersihkan dapat mengering dengan cepat dan tidak lembab.
    Untuk menghilangkan noda membandel pada batu, gosoklah dengan tepung soda yang dicampur air atau pembersih yang bersifat alkali kuat.