Selasa, 03 Juli 2012

Amben Antik sebagai Elemen Ruang

Amben antik atau yang sering disebut dengan Risban, merupakan kursi panjang tradisional khas Jawa yang banyak dipakai sebagai elemen ruang yang berfungsi sebagai tempat beristirahat sejenak sambil berkumpul bersama keluarga.

Risban ini memang bagusnya kalau dipadukan dengan barang-barang yang juga antik dan klasik. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dipadukan dengan barang-barang kontemporer, tergantung penempatannya sehingga tampil beda dengan yang lain.


    Sebaiknya jika dipadukan dengan kursi-kursi lain tidak saling berebut perhatian sehingga keindahannya akan tenggelam di antara barang-barang yang lain.
    Jika ruangannya kecil, risban ini dapat ditempatkan sendiri tanpa ditambah penunjang lain, akan tetapi pilihlah seminimalis mungkin dengan ornamen yang tidak terlalu mencolok jika difungsikan sebagai kursi.
    Bila ruangannya luas, dapat dipadukan dengan guci-guci sebagai meja atau mungkin dengan meja kaca dengan penyangga dari batu padas sehingga kesannya terasa lebih ringan, agar ruangan tidak berkesan penuh.
    Bisa ditambahkan bantal-bantal agar lebih nyaman atau pengempuk berupa busa kasur tipis.
    Sebaiknya sebelum membeli, hendaknya kita menyesuaikan dengan fungsi yang kita inginkan, apakah sebagai amben untuk lesehan atau tempat duduk atau hanya sebagai benda hias, sehingga Anda akan lebih mudah memutuskan risban yang bagaimana yang akan Anda beli.