Selasa, 03 Juli 2012

Aneka Tips Ruang Makan


  1. Ruang makan yang menjadi satu dengan ruang lain, kadangkala dipakai tidak hanya untuk kegiatan makan saja. Meja makan dapat berfungsi sebagai meja belajar atau untuk meja tamu. Area ini sebaiknya mendapat perhatian khusus dalam penataan maupun dekorasinya. Akan lebih baik bila bentuk kursinya seragam.
  2. Ruang makan yang menjadi satu dengan ruang tamu sebaiknya selalu dalam kondisi yang rapi, karena setiap kegiatan makan yang dilakukan di sini terlihat langsung dari tempat duduk tamu.
  3. Ruang makan harus tampil harmonis dengan ruang-ruang di sekitarnya, sebaiknya gaya yang diterapkan sama dengan gaya ruang di sekitarnya.
  4. Agar ada kesatuan dengan ruang di sekitarnya, Anda dapat memakai warna atau model dan gaya yang sama dengan perabotnya. Misalnya bahan pelapis kursi makan bercorak atau berwarna sama dengan bahan pelapis sofa atau bantal hias di ruang tamu.
  5. Ukuran ruang juga mempengaruhi gaya yang akan diterapkan. Pada ruang yang cukup luas, Anda cukup bebas menentukan gaya yang ingin diterapkan. Namun, bila ruang makan Anda kecil, sebaiknya jangan pilih gaya yang terlalu berat dan rumit seperti gaya ekletik atau klasik yang biasanya menggunakan furniture penuh ukiran dan ornamen karena ruangan akan terasa semakin sesak.
  6. Meja makan yang sudah mempunyai bentuk yang baik tak perlu lagi ditutupi dengan taplak meja. Gunakan taplak meja untuk acara-acara khusus saja. Biarkan bentuk meja yang sudah indah terlihat dengan jelas. Letakkan bunga hias yang segar atau benda seni di atasnya supaya kelihatan lebih segar dan lebih cantik.
  7. Pilih kursi yang nyaman untuk diduduki dan meja yang mudah dipindah-pindahkan, agar mudah memakainya untuk kegiatan lain yang membutuhkan ruang lebih lega.
  8. Ukuran meja makan bergantung pada kebutuhan, untuk keluarga kecil lebih cocok dengan meja makan untuk maksimal 4 kursi.
  9. Penggunaan kursi berlengan sebaiknya dihindari untuk ruang makan kecil.
  10. Pilihan bentuk meja makan tergantung pada bentuk ruangnya. Meja makan berbentuk bulat cocok untuk ruang berbentuk bujursangkar, sedangkan jika ruang makan Anda berbentuk persegipanjang, meja berbentuk oval atau persegipanjang akan lebih cocok.
  11. Permukaan meja sebaiknya difinishing agar lebih tahan kelembaban dan noda. Alas meja berbentuk karpet, permadani atau sejenisnya akan membuat ruang makan Anda berkesan lebih hangat dan seakan-akan membentuk ruangan tersendiri.
  12. Perhatikan sirkulasi udara pada ruang, karena kegiatan makan membutuhkan energi  terutama di daerah tropis.
  13. Hiasan dinding untuk ruang makan sebaiknya sesuai dengan tema ruang, misalnya lukisan buah-buahan atau lukisan pemandangan pasar dan sebagainya.
  14. Pencahayaan sebaiknya cukup terang, bisa juga menggunakan pencahayaan khusus seperti lampu gantung. Pilihan warna lampu berwarna kuning untuk pencahayaan meja makan lebih cocok daripada yang berwarna putih.
  15. Penggunaan tanaman hias segar akan menambah suasana ruang lebih segar dan nyaman.