Selasa, 03 Juli 2012

Indoor Plant sebagai Alternatif Taman

Sudahkah rumah Anda diramaikan dengan taman? Jikalau Anda cukup beruntung mempunyai rumah dengan halaman yang luas, tentu ini perkara yang mudah saja. Cukup olah halaman Anda, maka Anda akan segera mendapatkan taman impian Anda. Tapi bagaimana dengan Anda yang tidak mempunyai  halaman? Indoor plant, menjadi pilihannya.


Merancang indoor plant berbeda dengan membuat pot plant pada umumnya. Penempatannya di dalam ruangan menjadi bagian dari konsep keseluruhan interior rumah. Di bawah ini diberikan beberapa pertimbangan dalam menempatkan indoor plant dalam ruangan.

    Pilihlah jenis yang relatif lambat pertumbuhannya, tidak berbunga dan bandel sehingga tidak memerlukan perawatan yang berlebihan.
    Sesuaikanlah jenis tanaman dengan kondisi ruangan dan sesuaikan dengan pilihan gaya furniture di sekitarnya.
    Untuk tanaman baru, membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan di dalam ruang. Caranya setelah dipindah ke pot yang akan digunakan, tempatkanlah tanaman pada lokasi setengah teduh seperti teras atau di bawah naungan paranet 30% selama kurang lebih 1 bulan sebagai waktu transisi untuk nanti dipindahkan ke ruang dalam.
    Cuci bersih semua bagian tanaman sampai hilang semua kotoran dan tanah yang menempel di perakaran.
    Tanam kembali dalam wadah baru dengan media tanam baru. Gunakanlah kompos khusus untuk tanaman hias pot yang lebih bersih dan ringan. Jenis pakis-pakisan menyukai kompos dari sampah daun bambu yang dikeringkan. Campurkan sedikit pasir pada media untuk kaktus dan sukulen.
    Penampilan keseluruhan tanaman diupayakan agar selalu bersih, baik terhadap daun-daun tanaman, permukaan tanah maupun wadahnya. Bila perlu tutuplah seluruh permukaan tanah dengan batu kerikil halus supaya terlihat bersih.
    Lakukan penyiraman sekali-sekali saja dan hanya pada permukaan tanahnya. Untuk tanaman yang berdaun lebar, penyiraman dilakukan setiap 3 – 4 hari sekali sebanyak setengah gelas, sedangkan untuk jenis kaktus dan sukulen cukup seperempat gelas seminggu sekali saja.
    Secara rutin lakukan pergantian dengan koleksi tanaman lainnya setiap minggu sekali, kembali kebugaran tanaman dengan cara memindahkan ke tempat transisi.

Selamat mencoba!